Halaman

Panduan Lengkap Budidaya Belut

Belut merupakan sejenis ikan yang mempunyai protein tingggi, sedangkan para penyuplai Belut sebagian besar saat ini masih mengandalkan hasil tangkapan dari alam. Pada musim kemarau harga belut bisa melonjak naik akibat pasokan yang tidak seimbang dengan jumlah permintaan dipasar. Membudidayakan belut secara intensif, khususnya belut sawah, masih belum populer di kalangan petani Tanah Air. Sebenarnya, hal ini bisa disebut sebagai peluang usaha berprospek cerah. Namun pertanyaannya, mengapa usaha budidaya sejenis ikan ini masih saja terbilang lamban perkembangannya?

Ikan Belut memang berbeda dengan ikan pada umumnya. Habitat hidupnya menuntut pekerjaan ekstra untuk mampu membudidayakannya secara intensif. Ternyata, banyak petani belut di lapangan mengalami kegagalan. Implikasinya, banyak calon petani, khususnya pemula, yang sebenarnya tahu peluang bisnis belut, tetapi belum berani memulai dan masih mencari trik jitu anti gagal budi daya belut. Jadi bisa dibilang, jika usaha ini masih jalan di tempat.
Permasalahan utama yang umum dihadapi oleh petani belut adalah media. Media yang mantap masih menjadi pertanyaan besar bagi sebagian pemula. Penggunaan dan pengaplikasian beberapa bahan tertentu disinyalir sebagai penyebab kegagalan. Di Blog ini, Anda bisa membuktikan sendiri dua jenis media berbeda yang cukup ampuh untuk menjawab pertanyaan besar yang selama ini berkutat di seputar media. Sebut saja media 80% tanah sawah, komponennya tidak serumit media belut yang ada saat ini, tetapi tingkat keberhasilannya telah terbukti dengan produktivitas mencapai 600%. Namun, kedua media dalam buku ini harus didukung pemberian pakan dan pengaturan air yang teratur, mengingat sifat alami belut yang agresif dan kanibal serta produsen gas yang aktif.  

Sebagai panduan bagi para pemula yang ingin memulai bisnis belut dan skala kecil, blog ini menawarkan penerapan budi daya belut di pekarangan rumah dengan beberapa macam kolam yang dapat disesuaikan penggunaannya dengan luasan lahan dan ketersediaan sumber daya. Kolam-kolam tersebut bisa menjadi bahan eksperimen Anda untuk mencoba media di atas karena biayanya relatif terjangkau dan antirepot. Setiap kolam memiliki kelebihan dan kekurangan, Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan.
Semoga Blog ini bisa menjadi sumber ilmu yang bermanfaat dan aplikatif. 
Berikut Artikel Panduan Budidaya Belut Dilahan Sempit :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar